TUGAS TEKNOLOGI INFORMATIKA &
MULTIMEDIA
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
OLEH :
1. Dani
Hutabarat (22413007)
2. Dedy
Supriadi
(22413126)
3. Gunawan
Sabara (23413787)
4. Wisnu
Fajriansyah (29413348)
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN
TEKNIK MESIN
UNIVERSITAS
GUNADARMA
DEPOK
2017
PEMBAHASAN
Pengertian
Pembelajaran
Pembelajaran
merupakan suatu rangkaian peristiwa yang kompleks dan sistematis. Dalam
peristiwa tersebut terjadi interaksi guru dan siswa dalam rangka
perubahan sikap dan pola pikir yang menjadi kebiasaan bagi siswa yang
bersangkutan. Guru berperan sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar. Belajar
dan mengajar adalah dua kegiatan yang terjadi bersamaan, tetapi memiliki makna
yang berbeda, sebagaimana yang diungkapkan Suherman (2003) bahwa “Peristiwa
mengajar selalu disertai dengan peristiwa belajar, ada guru yang
mengajar maka ada pula siswa yang belajar. Namun, ada siswa yang belajar belum
tentu ada guru yang mengajar, sebab belajar bisa dilakukan sendiri”.
Jenis-Jenis
Media pembelajaran
- Media Audio
Media
Audio adalah media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera
pendengaran. Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat
menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal
(bunyi-bunyian dan vokalisasi).
- Media Visual
Media
visual adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual
menampilan materialnya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor, karena
melalui media ini perangkat lunak (software) yang melengkapi alat proyeksi ini
akan dihasilkan suatu bias cahaya atau gambar yang sesuai dengan materi yang
diinginkan.
- Media Audio-Visual
Media
audio-visual disebaut juga sebagai media video. Video merupakan media
yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dalam media video terdapat
dua unsur yang saling bersatu yaitu audio dan visual. Adanya unsur audio
memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran,
sedangkan unsur visual memungkinkan penciptakan pesan belajar melalui bentuk
visualisasi.
- Multimedia media
yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap, seperti : animasi.
Multimedia sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran
berbasis komputer.
- Media Realita
yaitu
media nyata yang ada di dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan
hidup maupun sudah diawetkan, seperti : binatang, spesimen, herbarium dll.
Pengertian
Macromedia flash 8.0
Macromedia
Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan
Adobe Systems Version 8.0
Mengenal
Macromedia Adobe Flash
Flash
merupakan suatu program grafis multimedia dan animasi yang dibuat oleh
perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan aplikasi web interaktif mau pun
animasi yang berkembang pada saat ini. Program ini banyak digunakan untuk
membuat game, kartun, presentasi dan model pembelajaran interaktif. Terdapat
beberapa versi dari macromedia flash yang berkembang saat ini meskipun saat ini
tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash. Namun pada
diktat ini akan dipelajari mengenai animasi yang dibuat oleh Macromedia Flash
8.
- Area Kerja Flash 8
Area
kerja flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu, Toolbox, Timeline,
Stage dan Panel.
- Menu berisi
control untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka,dan menyimpan file,
copy, paste, dan lain-lain.
- Stage adalah
area persegi empat yang merupakan tempat dimana kita membuat objek atau
animasi yang akan dimainkan.
- Toolbox berisi
koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage
dan timeline. Toolbox dibagi menjadi empat, yaitu Tools, View,
Colors dan Options. Beberapa tool mempunyai bagian option.
Contohnya, ketika Selection tool dipilih, Option snap, smouth, straigten,
rotate dan scale akan muncul di bagian options.
- Timeline adalah
tempat kita dapat membuat dan mengontrol objek dan animasi.
- Panels berisi
control fungsi yang dipakai dalam flash, yaitu untuk mengganti dan
memodifikasi berbagai property objek atau animasi secara cepat dan mudah.
- Properties merupakan
window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang kita buat.
Components digunakan
untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke
internet.
Materi
Pembelajaran kuis.
Materi
yang ada dalam aplikasi ini adalah materi tentang komputer, dimana disitu ada
materi komputer tentang WEB, Hardware, Software, dan jaringan.
Semua soal yang ada di dalam dicampur dengan semua materi tersebut.
Didalam
aplikasi tersebut ada 100 Soal, dan dalam 100 Soal tersebut terdapat 3 Level,
yaitu : LEVEL 1, LEVEL 2, & LEVEL 3.
Kelayakan
aplikasi berbasis macromedia flash 8.0
Dari
segi kelayakan teknologi, aplikasi ini dapat dikatakan layak karena Software
yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini mudah dicari dan didapatkan
dibeberapa file sharing seperti 4shared, dll dan untuk menjalankan aplikasi ini
menggunakan laptop/komputer yang tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi.
Fungsi
Aplikasi Kuis Berbasis macromedia flash 8.0 dengan media pembelajaran.
Dengan
adanya aplikasi ini, sangatlah membantu dalam media pembelajaran. Sehingga bisa
melaksanakan kuis dengan menggunakan komputer. Bahkan adanya aplikasi ini bisa
mengurangi setia kecurangan jika mengerjakan kuis, karna sudah menggunakan
komputer. Misalnya pada aplikasi ini memakai TIMER pada setia 1 soal, kemudian
jika ada yang salah tidak boleh di ubah lagi.
HASIL
DARI PEMBAHASAN
Interface
menu utama
Menu
utama berisi fitur-fitur aplikasi, Ada Kalimat “SELAMAT DATANG DI APLIKASI GAME
KUIS” (untuk mengucapkan selamat datang kepada para peserta kuis) dan masih
terdapat beberapa fitur-fitur lain pada aplikasi ini yaitu : MAIN, TENTANG, DAN
PETUNJUK.
Tabel
Hasil Test Program
MAIN
MENU
|
INPUT
|
OUTPUT
|
MENU
UTAMA
|
List
dipilih = MAIN
|
Memulai
kuis
|
List
dipilih = TENTANG
|
Tampilan
Tentang aplikasi
|
|
List
dipilih = PETUNJUK
|
Tampilan
Tentang Petunjuk
|
|
KUIS
NO.1
|
List
dipilih = Home
|
Kembali
ke Menu Utama
|
HASIL
|
List
dipilih = MAIN LAGI
|
Mengulang
kuis
|
List
dipilih = MAIN MENU
|
Kembali
Ke Menu Utama
|
Interface
menu MAIN
Inilah
tampilan jika kita sudah memulai kuis. Ada nomor soal, jumlah score, menu home
dan ada TIMER dimana sudah ada waktu yang di tentukan. Jumlah score berfungsi
menampilkan score yang sudah kita dapat, jika salah maka score tetap. Menu home
untuk membatalkan kuis, dan kembali ke menu utama. Nah di pojok bawah kiri ada
tulisan level 1, maka dari situlah kita mengetahui level berapa yang kita
sedang kerjakan
Interface
menu TENTANG
Pada
menu ini terdapat penjelasan tentang aplikasi ini, dan pembuat dari aplikasi
ini. Tekan tombol back jika ingin kemenu utama
Pada
tampilan ini memberikan informasi tentang cara bermain kuis dalam aplikasi ini.
Untuk menjawab setiap soal anda tinggal klik tombol A,B,C, & D. Cek sound
untuk cek suara benar, salah dan waktu habis.
Keterangan
dalam level
- Level 1 ada 30 soal, dan jika score
dibawah 150 maka anda gagal dalam level 1 tetapi jika score anda 150
keatas maka anda dapat berhak melanjutkan level 2. Dengan waktu 300S/soal
- Level 2 ada 33 soal, dan jika score
lebih kecil dari 400 maka anda gagal tetapi jika score anda 400 diatas
maka anda dapat melanjutkan ke level 3. Dengan waktu 260S/soal
- Level 3 ada 37 soal, dan jika score
lebih kecil dari 750 maka anda gagal tetapi jika score anda 750 diatas
maka anda dinyatakan lulus. Dengan waktu 240S/soal
*Tampilan
jika berhasil
Inilah
tampilan jika kita berhasil melampaui pada level 1, kita berhak untuk
melanjutkan ke level selanjutnya.
*Tampilan
jika gagal
Inilah
tampilan jika kita gagal melampaui pada level 1, kita tidak berhak untuk
melanjutkan ke level selanjutnya, maka cuman sampai disitulah kita bisa
mengerjakan kuis. Jika mau ngulangi silahkan klik MAIN LAGI.
PENUTUP
Kesimpulan
Setelah
melalui beberapa tahapan dalam menyelesaikan Aplikasi Media Pembelajaran Kuis
berbasis macromedia flash 8.0 dapat disimpulkan bahwa :
- Aplikasi Pembelajaran Kuis berbasis
macromedia flash 8.0 berhasil dibuat.
- Aplikasi Pembelajaran Kuis berbasis
macromedia flash 8. dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran
komputer yang menyajikan informasi materi tentang WEB, Hardware, Software,
dan jaringan dengan menggunakan komputer maupun laptop
Saran
Pada
penulisan makalah ini tentu masih terdapat kekurangan yang dapat disempurnakan
lagi pada penelitian berikutnya. Agar aplikasi ini dapat menjadi lebih
sempurna, terdapat beberapa saran yang dapat dipergunakan diantaranya :
- Interface yang dibuat pada aplikasi
ini masih sederhana berbasis teks, gambar, dan audio bisa ditambahkan
elemen animasi supaya setiap soal dapat lebih jelas lewat dengan animasi
yang dibuat.
- Aplikasi di tambahkan dengan fitur
gambar 3 dimensi.
- Materi yang disediakan masih materi
komputer, sehingga perlu media penyimpanan untuk memuat informasi yang
lebih banyak lagi .
- Aplikasi yang dikembangkan lebih
lanjut diharapkan bisa di akses lewat internet dan setiap hasil yang
didapat bisa dikirim secara otomatis di E-Mail Masing-masing (*dalam
mengerjakan kuis harus terhubung dengan jaringan internet).
- Dan yang lebih baik lagi jika bisa
diakses dengan menggunakan android, sehingga gampang dibawa kemana-mana.
DAFTAR PUSTAKA
Al
Fatta, Hanif.2007.Analisis & Perancangan Sistem Informasi.
Yogyakarta : Andi Offset
Arsyad,
Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja
Grafindo Persada.
Macromedia
Flash.http://Diditkaryadi.blogspot.com/2011/12/penfgenalan macromedia
flash8
http://educationdownload.Sejarah macromedia flash
8.0
http://nessyoctavia.wordpress.com/2009/03/10/
macromediaflash.Macromedia Flash 8”. Jakarta : Andi Publisher
Tidak ada komentar:
Posting Komentar